Penyimpanan didalam komputer terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

  • Temporary (penyimpanan sementara) = menggunakan variabel biasa. Saat program di tutup dan dibuka kembali, semua data yang pernah kita inputkan akan hilang.
  • Permanent (data tidak akan hilang) = bisa menggunakan file atau Database.

Saat ini seperti kita ketahui, teknologi sudah banyak sekali di gunakan untuk kepentingan bisnis. Misalnya restaurant menggunakan program pemesanan makanan, supermarket menggunakan program inventori yang mencatat berapa banyak barang yang terjual setiap harinya dan beragam bisnis lainnya. Jika kita perhatikan, Database mempunyai peranan penting agar data yang sudah dibuat tidak hilang dan dapat digunakan sebagai informasi untuk pengambilan keputusan di kemudian hari.

Database sendiri merupakan kumpulan data yang dipilah – pilah kedalam tabel sesuai dengan jenis datanya. Misalnya data makanan masuk ke dalam tabel Foods, data penjualan masuk ke dalam table Sellings dan seterusnya. Untuk memulai mempelajari Database, kami sangat menyarankan untuk menggunakan database MySQL yang bisa di peroleh secara gratis di https://www.apachefriends.org/download.html.  Selain gratis, MySQL termasuk database yang stabil dan banyak digunakan oleh penyedia hosting.

Install XAMPP (Windows Version / Mac Version) terlebih dahulu dan start MySQL agar database dapat digunakan. Setelah service MySQL sudah started, kita dapat menggunakan nya menggunakan Command Prompt (Windows) atau Terminal (MAC OS) dengan perintah berikut ini :

Cara Run MySQL di Command Prompt (Windows):
===================================================
0. Pastikan Service MySQL sudah dalam keadaan start
1. Start – ketik CMD atau Command Prompt
2. ketik perintah => cd \
3. ketik perintah => cd xampp/mysql/bin
4. ketik perintah => mysql -u root

Cara Run MySQL di Terminal (MAC – Apple):
===================================================
0. Pastikan Service MySQL sudah dalam keadaan start
1. Start – ketik terminal
2. ketik perintah => cd /Application/XAMPP/bin
3. ./mysql -u root

Saat prompt sudah berganti menjadi MySQL artinya anda berhasil menjalankan Database MySQL dan siap mempelajari Structure Query Language.