Pengguna internet di seluruh dunia terus menunjukkan grafik yang naik termasuk di Indonesia sendiri. Menurut situs resmi kementrian terkait (Kominfo.go.id), data pengguna internet di Indonesia tahun 2016 sudah mencapai 100 juta orang. Menariknya, internet juga masuk ke dalam segala lini bisnis (misalnya : property, pendidikan, kesehatan, dan kategori bisnis lainnya). Tentu ini menyebabkan banyak sekali website baru bermunculan. Mengutip dari surat kabar di Inggris (dailymail.co.uk), jumlah website yang ada di dunia saat ini sudah menembus angka 1 Milyar website (per 2016).

WordPress yang menjadi salah satu CMS (software membuat website secara instan) terbesar didunia saat ini digunakan oleh kurang lebih 27% website yang ada di dunia (setara dengan 270 juta website, link sumber). Tentu saja hal ini juga memantik komunitas hacker yang ingin mencoba masuk ke dalam website yang bukan miliknya. Khusus untuk website yang dibuat dari WordPress, Anda memiliki cara gratis dan ampuh mengamankan website Anda dari serangan hacker melalui plugin Wordfence (banyak sekali fitur yang bisa digunakan meski menggunakan versi gratisnya ).

Plugin yang gratis sudah cukup banyak membantu menemukan virus yang masuk ke dalam website. Puede sudah mencoba fitur Wordfence Scan yang ternyata cukup ampuh. Beberapa virus trojan PHP yang ada berhasil ditemukan dan dibersihkan oleh Wordfence. Berikut contoh hasil scan dari Wordfence:

puede education - belajar tutorial wordfence plugin wordpress

Hasil scan akan ditampilkan dalam bentuk table dan dilengkapi oleh beberapa icon (merah = urgent, gold = direkomendasikan segera dilakukan perbaikan). Wordfence melakukan scan pada core WordPress dengan cara membandingkan file wordpress yang asli dengan wordpress yang sedang Anda gunakan. Selain itu, Wordfence juga melakukan scan ke plugin dan themes Anda.

puede education - belajar tutorial wordfence plugin wordpress2

Fitur menarik lainnya adalah automatic block jika terjadi salah login sesuai dengan jumlah yang kita inginkan (misalnya 3x salah login, langsung block). Wordfence juga dapat otomatis memberi informasi melalui email jika ada aktivitas mencurigakan di dalam website kita seperti serangan di form login dashboard, pengubahan file core wordpress oleh virus dan sebagainya. Puede merekomendasikan plugin Wordfence jika Anda ingin mengamankan website Anda dengan gratis dan ampuh (tersedia juga plugin premium berbayar untuk Wordfence dengan fitur yang lebih wah lagi).