kursus-komputer-gratis-puede-education-menghindari-virus

Virus merupakan salah satu gangguan terbesar yang seringkali membuat para awam komputer cemas dengan keadaan data dalam komputer mereka. Pertanyaan yang seringkali muncul adalah antivirus apa yang paling bagus saat ini? Pertanyaan klasik ini tentu bukan tanpa sebab. Seringkali orang awam komputer mengganti – ganti antivirus dalam komputer nya dan hasilnya tetap nihil …. komputer tetap terkena virus. Nah dalam kursus komputer gratis kali ini Puede Education akan membahas bagaimana cara terbaik menghadapi persoalan klasik tentang virus.

Pada dasarnya anda harus memahami terlebih dahulu beberapa kalimat dibawah ini :

  • Komputer yang terhubung flash disk, harddisk external (atau media storage lainnya) rentan terkena virus.
  • Komputer yang terhubung dengan jaringan komputer LAN atau Internet juga rentan terkena virus.

Coba bayangkan sekarang, komputer yang digunakan untuk belajar, bekerja dan bermain game tentu tidak mungkin tidak pernah terhubung ke flash disk, hard disk external, LAN atau Internet. Karena itu resiko terkena virus akan selalu ada selama komputer digunakan. Jika demikian maka untuk mengurangi resiko terkena virus, kami menyarankan beberapa hal :

kursus-komputer-gratis-puede-education-menghindari-virus-komputer-dengan-antivirus

  • Update terus antivirus untuk mendapatkan database terbaru tentang virus.
  • Hapus Data yang sudah tidak digunakan di dalam flash disk. Flash yang menyimpan file seperlunya sangat mudah menunjukkan gejala aneh jika ada virus di dalamnya.
  • Scan flash disk sebelum mengcopy masuk file ke dalam komputer atau buka flash disk menggunakan sistem operasi Linux / Mac untuk melihat apakah ada file mencurigakan yang tersembunyi jika dibuka dari sistem operasi Windows.
  • Atur komputer anda agar selalu dalam keadaan Show hiddenfile agar dapat melihat virus yang sedang dalam keadaan hidden.
  • Atur komputer anda agar selalu menampilkan extension file agar dapat melihat virus yang sedang menyamar menjadi file lain.
  • Backup sistem operasi anda menggunakan software backup populer (acronis, norton ghost, dsb) agar dapat me-restorenya kembali saat komptuer dalam keadaan rusak.