Bagi Anda yang menggunakan browser Google Chrome untuk menjelajah Internet, tentu Anda pasti menggunakan browser tersebut untuk mendownload sesuatu dari Internet. Setiap kali Anda melakukan download dari Internet, maka browser Chrome akan otomatis menyimpan file download Anda di folder Download sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Bagi pengguna sistem operasi Microsoft Windows, maka semua file download akan berada di C:\users\NamaUserAnda\Downloads atau di /home/NamaUserAnda/Downloads bagi yang menggunakan sistem operasi Linux. Hal ini terjadi (otomatis download tanpa konfirmasi) karena secara default, browser Chrome memiliki pengaturan otomatis download bagi setiap penggunanya.

Bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan hal ini, Anda dapat mengganti pengaturan otomatis download tersebut melalui menu Options -Settings yang terletak di pojok kanan browser (tepat dibawah tombol close dari browser).

kursus-komputer-gratis-mengatur-download-otomatis-pada-google-chrome4Dari dalam Options – Settings browser Chrome, pilih menu Show advanced settings dibagian bawah dari settings.

kursus-komputer-gratis-mengatur-download-otomatis-pada-google-chrome5

Untuk menonaktifkan otomatis download dari browser Chrome, Anda harus memberikan tanda centang (check) pada pilihan “Ask where to save each file before downloading”, karena secara default tanda centang tersebut memang tidak ada.

kursus-komputer-gratis-mengatur-download-otomatis-pada-google-chrome2

Sekarang coba Anda download sesuatu dari Internet dan perhatikan sekarang browser Chrome akan meminta lokasi dari file tersebut sebelum file benar-benar di download. Hal ini tentu dapat kita manfaatkan untuk membatalkan download jika memang hal tersebut tidak kita kehendaki karena ketidak sengajaan sehingga terjadi proses download. Selamat mencoba.