Tahun 2000-an saat booming era komunikasi melalui Electronic Mail (email), semua orang mulai berbondong-bondong membuat akun email di penyedia email skala besar seperti Yahoo dan Hotmail (besutan Microsoft). Di dalam negeri, Telkom sebagai perusahaan komunikasi terbesar juga menyediakan email gratis untuk para penggunanya. Seiring perkembangan teknologi modern saat ini, email pun memegang peranan penting karena setiap akun di website social media atau website apapun yang menyediakan registrasi selalu meminta verifikasi keaslian pendaftarnya melalui email.

Mengingat perannya yang sangat penting dalam kehidupan internet, sudah selayaknya email menjadi incaran bagi para cracker (sebutan bagi hacker perusak). Sejak tahun 2000-an email memiliki teknologi pengamanan menggunakan Security Question bagi para pengguna yang lupa akan password emailnya. Jawaban dari Security Question juga dapat berfungsi sebagai pengganti password. Security Question Memiliki peranan penting, tetapi pengguna email malah seringkali melupakannya :D. Sejak hadirnya Google Mail (GMail) banyak sekali terobosan baru dalam dunia email yang dipelopori oleh GMail. Seperti misalnya, meng-archieve email dengan subject yang sama, memisahkan email pribadi dengan email yang sifatnya promosi / social media.

Terobosan terbaru GMail tahun 2015 ini adalah dengan mengganti Security Question dengan Recovery Phone dan atau Recovery Email. GMail dengan mantap menyatakan tidak lagi mendukung Security Question di dalam setiap akun email keluarannya. Untuk itu bagi Anda yang masih mengandalkan Security Question sekarang saatnya Anda mengganti pengamanan email Anda melalui nomor telepon yang anda gunakan sehari – hari. Jika penyedia email Anda belum mendukung hal tersebut, kami sarankan Anda untuk beralih menggunakan GMail agar aktivitas Anda lebih aman dari sebelumnya. Kelemahan GMail yang masih bisa dimaklumi sampai saat ini adalah menampilkan iklan di dalam email dari penggunanya. Masih bisa dimaklumi karena semua layanan Google (maps, search, youtube, GPlus) memang rata-rata dibagikan gratis.